Sabtu, 07 November 2009

Rumah Rusak Diberi Waktu Setahun Gratis Pasang Listrik

PadangKini.com | Jumat, 06/11/2009, 6:35 WIB

PADANG--PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sumatra Barat memberikan keringan waktu 1 tahun pemasangan gratis listrik di rumah dan bangunan lain yang listriknya langsung diputus karena rusak berat akibat gempa 7,9 SR.

Kepala Humas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sumatra Barat, Asril Khalis mengatakan, yang digratiskan PLN hanya biaya penyambungan kembali dan bukan biaya pemasangan instalasi.

"Sebab biaya instalasi itu dikerjakan pihak lain, yang digratiskan PLN biaya administrasi pemasangan, tapi kalau lewat dari satu tahun sejak 30 September 2009 terpaksa dikenakan biaya pemasangan baru," ujarnya, Kamis (5/11/2009).

Akibat gempa, PLN kehilangan puluhan ribu pelanggan, termasuk hotel dan kantor. Asril belum bisa memberikan data rinci berapa jumlah pelanggan yang listriknya langsung putus, namun jumlah pemakaian listrik yang hilang sekitar 20 MW.

"Total kerugian PT PLN akibat gempa 30 September Rp170 miliar akibat rusaknya jaringan, tiang yang rubuh, dan travo jatuh, namun listrik bisa kembali normal di seluruh wilayah pada hari kesembilan setelah gempa," katanya. (yanti/syof)

Tidak ada komentar: